Senin, 26 Februari 2018

Tritunggal Mahakudus

Allah Tritunggal merupakan rangkuman dari seluruh iman dan ajaran Kristiani. Iman akan Allah Tritunggal bukanlah titik pangkal, melainkan kesimpulan dari rangkuman seluruh sejarah pewahyuan Allah serta tanggapan iman manusia. Inti pokok iman akan Allah Tritunggal ialah keyakinan bahwa Allah (Bapa) menyelamatkan manusia dalam Kristus (Putra) oleh Roh Kudus.

1.      Ajaran Gereja Tentang Allah Tritunggal
1.      Beberapa istilah (terminologi) yang menyangkut Tritunggal
Bahwa kita percaya akan adanya satu Allah Tiga Pribadi j memang tidak mung­kin dijelaskan. Tetapi ada beberapa istilah dalam hubungan dengan iman kita itu kiranya perlu dipahami.
a.      Arti Allah kita Satu (Tunggal)
Dalam syahadat dikatakan: “Aku percaya akan SATU ALLAH”. Apa artinya kata “SATU”? Kata “SATU” dalam konteks “SATU ALLAH” tidak persis sama dengan bilangan “satu” dalam pengertian matematika. Jika kata “SATU” dalarn konteks “SATU ALLAH” dimengerti sebagai bilangan matematis, maka kita membuat kesalahan besar. Kita terjerumus untuk memasukkan Allah yang meng­atasi segala-galanya hanya sekedar bilangan belaka. Seakan-akan Allah itu dapat dihitung atau dikalkulasi seperti barang-barang.
ALLAH adalah SATU, artinya adalah tunggal, utuh tak terbagi, tak tercerai­beraikan, sempurna, dan tidak ada sesuatu apa pun yang perlu ditambahkan kepada­Nya. Jika satu adalah utuh, penuh, sempurna, maka Allah sama dengan satu. Attah adalah keutuhan, kepenuhan, dan kesempurnaan.
Jadi, makna kata “satu” dalam konteks iman akan “Satu Allah” menunjukkan kepada kesempurnaan Allah, keutuhan Allah, dan kepenuhan Allah.

b.      Arti Tiga Pribadi dalam Satu Allah
Allah Tritunggala dalah satu dan Tiga pribadi sekaligus (Bapa, Putra, dan Roh Kudus). Apa artinya? Apanya yang tiga? Bukan ada tiga Allah, yang tiga adlaah Priabdi-Nya. Dalam bahasa sehari-hari, kata “pribadi” dikenakan pada manusia. Manusia adalah makhluk yang mempribadi. Hanya manusia yang merupakan makhluk ciptaan yang berpribadi dan berelasi. Artinya, hanya manusia yang dapat menyapa, mengkomunikasikan diri, bergaul, solider, dan sebagainya.
Allah adalah satu dan tiga pribadi, artinya Allah adalah Dia yang berelasi, menyapa, merangkul, menghadirkan diri, dan mengkomunikasikan diri. Jika Allah adalah Allah yang berelasi, relasi macam apakah yang dihadirkan oleh Allah? Relasi Allah adalah relasi kesatuan, kesempurnaan, ketunggalan, dan keutuhan dalam keilahian-Nya. Artinya, masing-masing berada dalam satu kesempurnaan ilahi yang tidak kekurangan sedikit pun. Relasi kesatuan semacam itu hanya dapat dijelaskan kalau merupakan relasi kasih. Jadi, tiga pribadi Allah yang relasional adalah Allah yang saling mengasihi, yang saling mencintai secara penuh, total, selesai, dan sempurna. Misteri Allah Tritunggal, dengan demikian adalah misteri Allah Yang Mengasihi.


2.        Doa-Doa dan Ibadat yang Mengungkapkan Iman kepada Tritunggal
a.      Tanda Salib : “Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”
Apa artinya tanda salib?
·         Sebagai peringatan akan Yesus yang mati di salib sebagai Juru Selamat manusia.
·         Sebagai tanda karya penyelamatan dan penebusan yang mendamaikan alam semesta, memberi hidup, dan mengalahkan yang jahat. Menurut keyakinan Kristiani, karya keselamatan dan penebusan berpangkal pada Allah dan dilaksanakan oleh Allah, yakni oleh Allah Tritunggal, yaitu Bapa, Putra, dan Roll Kudus.
·         Menandai dirinya dengan salib sambil menyerukan nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, kita menempatkan diri kita seluruhnya di bawah naungan salib Yesus yang mendapat kekuatan untuk mengalahkan dosa dan meng­antar manusia kepada Allah Bapa, melalui Putra dalam Roh Kudus.
b.      Doa “Kemuliaan (Gloria)”
·         Jika kita mendoakan/menyanyikan “Kemuliaan/Gloria”, kita ingat akan semua yang dilakukan Allah bag] kita. Walaupun kita katakan “Kemuliaan kepada Allah di surga”, kita tahu bahwa Allah telah turun dari surga untuk keselamatan kita dan untuk mengangkat kita ke surga. Oleh karena itu, kita memuji-Nya dengan iman dan cintakasih.
·         Jika kita mendoakan/menyanyikan “Kemuliaan/Gloria”, kita memuji Putra Allah yang setara dengan Bapa, yang menghapus dosa dunia, dan yang menebus kita.
·         Dalam doa: “Kemuliaan kepada Bapa, Putra, dan Roh Kudus. ....” kita memuliakan Allah Tritunggal dan Kristus Penebus kita yang mewahyu­kan Bapa bersama dengan Roh Kudus.
c.       Syahadat (Credo)
Apa yang diungkapkan dalam “Syahadat”, baik yang singkat maupun yang panjang?
·         Syahadat sesungguhnya merupakan pengakuan Iman akan Allah Tri­tunggal.
·         Syahadat merupakan ringkasan seluruh sejarah suci mulai dari penciptaan, penjelmaan, kebangkitan, kedatangan Roll Kudus, misteri Gereja, sakra­men-sakramen, sampai dengan kehidupan kekal. Setiap kali kita mengucapkan/mendoakan “Syahadat“, kita mengenangkan seluruh sejarah keselamatan. Sejarah keselamatan adalah sejarah kesela­matan yang berasal dari Bapa, terlaksana oleh Putra, dan dilanjutkan oleh Roll Kudus di dalam Gereja sampai pada akhir zaman.
d.      Doxologi
Apa artinya doxologi?
Bagaimana isi doanya clan didoakan?
·         Doxologi artinya doa pujian. Ciri khas doxologi dalam liturgi Ekaristi adalah susunannya yang triniter. Artinya, Allah Tritunggal Mahakudus yang menjadi isi/inti doa tersebut.
·         Pada akhir doa Syukur Agung didoakan doxologi: “Bersama dan bersatu dengan Kristus dan dengan perantaraan-Nya, dalam persatuan dengan Roh Kudus, disampaikanlah kepada-Mu Allah Bapa Yang Mahakuasa, segala hormat dan pujian, kini dan se­paniang segala masa.” Amin.
e.       Pembaptisan
Pembaptisan orang Kristiani memakai rumusan Trinitas. Pada waktu membaptis, Imam (Romo) mengucapkan “Aku membaptis kamu, dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.” Dengan Pembaptisan itu, orang yang dibaptis dipanggil untuk mengambil bagiand alam kehidupan Tritunggal Mahakudus.

1 komentar:

Denis Desmanto mengatakan...

Ulangan 6 : 4, Markus 12 : 29

Huruf Ibrani, " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד. "

Cara membacanya, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad. "

ברוך שמע כבוד מלכותו לעולם ועד

Barukh Shem kevod Malkuto le'olam va'ed

🕎✡️🐟ש📜⁦🤚🏻⁩⁦✝️⁩⁦🗺️⁩⁦🕊️⁩🌾🍇🍎🍏

Belajar Menulis "Menunggu..."

Pelatihan Belajar Menulis Menulis di Kompasiana   Tak terasa sudah beranjak malam, ketika saya keluar dari ruang perawatan di salah sa...